Friday, December 23, 2011

GUNS N' ROSES



GUNS N’ ROSES ( kadang disingkat menjadi Gn’R) adalah band hard rock Amerika yang di bentuk di Los Angeles, California, pada tahun 1985.Lineup clasik GNR seperti yang sudah ditandatangani dalam kontrak Geffen Records pada tahun 1986 terdiri dari :

1.   Vocal        : Axl Rose
2.   Gitaris      : Slash
3.   Gitaris      : Izzy Stradlin
4.   Bassist     : Duff McKagan
5.   Drummer : Steven Adler


Setahun setelah dirilis. Album debut “GN’R Appeite for Destruction (1987) mencapai no.1 di billboard 200, Sweet Child O' Mine menjadi menjadi lagu andalan dalam album ini, dan menjadi hits no.1 di Billboard Hot 100”. Album ini telah terjual lebih dari 28 juta kopi di seluruh dunia, termasuk 18 juta unit di AS. Membuatnya menjadi rekor unit penjualan terbaik di AS. Keberhasilan debut mereka diikuti oleh album berikutnya dengan 8 lagu didalamnya GN’R Lies (1988). Album Kembar Use Your Illusion I dan Use Your Illysion II (1991) debut di no.2 dan no.1 dan telah menjual 36 juta kopi diseluruh dunia, termasuk 14 juta unit kopi terjual di AS saja. Album “The Spaghetti Incident” hanya di ikuti oleh 3 anggota clasik GN’R Axl, Slash, Duff, dan juga menjadi album terakhir bagi Slash dan Duff berada dalam group band ini yang telah membesarkan nama mereka. Setelah lebih dari satu dekade kerja dan melakukan banyak perubahan lineup, Gn’R akhirnya merilis album yang telah ditunggu-tunggu oleh para fans, degan album Chinese Democracy (2008). Ini debut bertengger di No.3  di Billboard 200, dan ini tidak seperti yang diharapkan industri.

Gn’R talah dianggap menjadi motor kembalinya popularitas mainstream rock n’ roll, pada saat musik populer di dominasi oleh musik dansa dan pop metal pada tahun 1980 s/d 1990-an. Mereka digambarkan sebagai periode dimana mereka melahirkan sebuah “pemberontakan hedonistis” mengingatkan pada awal Rolling Stones berjaya.


PEMBENTUKAN (1985-1986)

                 Gn’R di bentuk Maret 1985 oleh sang vocal Axl dan rithem gitar Izzy dari group band Hollywood Rose, bersama dengan gitaris Tracii Guns, bassis Ole Beich, dan Drumer Rob Gardner dari LA Guns. Band ini diciptakan dengan menggabungkan kedua nama grup band tersebut. Dalam waktu yang singkat selamat itu mereka hanya dilaporkan hanya bermain 2 atau 3 kali pertunjukan. Beich digantikan Duff McKagan, sementara kesering terlambatan kehadiran Traci Guns pada saat latihan menyebabkan dirinya digantikan oleh Slash, Gardner berhenti dan segera digantikan Steven Adler. Izzy sebelumnya pernah bermain bersama dengan Slash di Hollywood Rose, sementara Slash telah bermain dengan Duff dan Adler di Road Crew.

                 Pada bulan Juni 1985, hanya empat hari setelah lineup selesai dibentuk, band ini memulai tour pendek dari Pantai Barat, dari Sacramento, California, untuk kampung halaman Duff dari Seatle, Washington. Tour  yang disebut “NERAKA”  diaransemen oleh lineup pertama band ini, dan Duff kemudian berkomentar. “Perjalanan ini telah menetapkan patokan baru sampai dimana kemampuan kami, apa yang kami bisa dan akan menempatkan diri kami untuk mencapai tujuan kami sebagai sebuah band.

                 Gn’R yang telah menandatangani kontrak dengan Geffen Record Maret 1986, menerima uang muka $ 75.000. pada bulan Desember tahun itu, mereka merilis EP empat lagu Live Fuck Like a Suicide, yang dirancang untuk menjaga kepentingan dalam band sementara dan menarik diri dari klub-klub untuk bekerja fokus distudio. EP ini berisi sampul Rose Tattoo’s “Nice Boys” dan Aerosmith’s “Mama Kin”, bersama dengan dua komposisi asli punk lagu “Reckless Life” dan rock clasik yang terinspirasi “Move To The Citty”. Meskipun ditagih untuk kelangsungan rekaman, empat lagu diambil dari band demo tapes dan overdub dengan kebisingan kerumunan. Live Fuck like a Suicide yang dirilis pada anak perusahaan Geffen Kill UZI Suicide, dengan produksi terbatas 10.000 eksemplar vinil.



LINEUP SAAT INI
-      Axl Rose - lead vocals, piano (1985-sekarang)
-      Dizzy Red - keyboards, piano (1990-sekarang)
-      Tommy Stinson - bass (1998-sekarang)
-      Cris Pitman - keyboards (1998-sekarang)
-      Richard Fortus - rhythm guitar (2002-sekarang)
-      Ron, “Bumblefoot” Thal - lead guitar (2006-sekarang)
-      Frank Ferrer - drum (2006-sekarang)
-      DJ Ashba – lead guitar (2009-sekarang)




ALBUM
-      Appetite for Destruction (1987)
-      GN’R lies (1988)
-      Use Your Illusion I (1991)
-      Use Your Illusion II (1991)
-      The Spaghetti Incident (1993)
-      Cina Demokrasi (2008)

No comments: