Sunday, January 15, 2012

10 KUCING RAS YANG BANYAK DIMINATI


Tahukah kalian kelebihan dan kecerdasan kucing disamping struktur muka mukanya yang menggemaskan dan agak pemalas..? "Kucing memiliki kemampuan untuk mendapatkan dan mengingat informasi serta kemampuan untuk menggunakannya kembali ketika memecahakan masalah yang berbeda"..
Hewan yang satu ini, memang sudah tak asing lagi.. bahkan kita sering dibuatnya kesal apabila hewan ini mencuri makanan yang kita suka, tapi disamping itu semua kucing adalah hewan yang cerdas dan memiliki berbagi ras kucing. diantara ras kucing ada yang memiliki bulu tebal dan sangat halus.
bayak kucing-kucing ras menjadi peliharaan untuk menghilangkan jenuh bahkan untuk sekedar koleksi karena dari setiap kucing memiliki sifat dan perilaku yang berbeda.. bahkan mungkin ada pula tetangga anda yang memelihara kucing liar. ada sekitar 155 jenis kucing yang berada diseluruh dunia.


10 kucing ras yang banyak diminati dan dipelihara:

  • Kucing ras American Curl Longhair awalnya dikembangkan di Amerika Serikat (California), merupakan kucing akibat mutasi genetik alami. Kucing ini bertubuh medium, termasuk jenis longhair (berbulu panjang). Warna bulu kucing ini beraneka ragam.
  • Kucing Maine Coon merupakan kucing berbadan besar yang anggun dan indah. Kucing Maine Coon ini merupakan kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine di Amerika Serikat. Nama Maine Conn diambil dari kata "Maine" (nama negara bagian Maine) dan "Coon" kependekan dari racoon, karena bentuk dan warna ekor kucing maine coon banyak yang menyerupai ekor racoon.


  • Kucing Persia (Persian Longhair) adalah salah satu kucing tertua yang berasal dari Persia (sekarang Iran), dari catatan sejarah tertulis kucing ini ditemukan sekitar tahun 1600 SM. Selain menjadi salah satu yang tertua, tentu saja salah satu yang paling terkenal di Indonesia, juga di dunia. Ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan hampir selalu menyebutkan Persia. Melekat keindahan dan daya tarik ditambah sifat kasih sayang dan lembut menyumbang banyak popularitasnya. Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain.


  • Kucing Himalayan berasal dari negeri Persia (sekarang Iran), beberapa penggemar kucing kadang menyebutnya kucing persia colorpoint.Kucing Himalayan bulunya berpola colorpoint dengan mata cenderung berwarna biru tua, dan jenis kucing ini merupakan perpaduan antara kucing Persia untuk fisiknya dengan jenis kucing Siamese.


  • Kucing Somali sebenarnya hasil pembiakan dan persilangan alami dari kucing Abyssinian sekitar tahun 1950-an, yang menghasilkan kucing abyssinian berambut panjang ini. Kucing Somali juga dikenal dengan nama panggilan kucing rubah, karena ekornya mirip ekor rubah yang indah. Kucing Somali dikenal sangat sosial, komunikatif dengan hewan lain, suka bermain-main, aktif, ramah, serta penuh rasa ingin tahu terhadap hewan lain. Kucing ini dapat membuka lemari dan tempat-tempat rahasia lain kemudian bersembunyi di sana. Kucing ini juga tangkas dan terampil seperti monyet, sehingga dianjurkan bagi pemelihara kucing ini untuk memberinya ruang bermain, juga disarankan kucing ini dapat bermain dengan kucing lainnya.


  •  Kucing ras Manx atau sering disebut juga ras Rumpy adalah kucing yang mengalami mutasi genetik. Mutasi ini berhubungan dengan perkembangan tulang punggung. Gen tanpa ekor bersifat dominan (menutupi/mengalahkan gen ekor normal). Kucing Manx ini berbulu pendek (shorthair), namun ada Manx yang berbulu panjang (semilonghair dan longhair) dan membentuk ras tersendiri yang disebut ras Cymric.

  • Kucing Norwegian Forest sering muncul dalam dongeng-dongeng Norwegia yang disebut sebagai "kucing peri". Pada awal abad ke-16 kucing ini umumnya dipelihara keluarga bangsa Viking. Kucing Hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat/NFC) adalah salah satu ras kucing yang berkembang secara alami. Ras kucing ini berasal dari daerah yang bernama Norway (di Norwegia), sehingga sering juga disebut Norway atau Skogkatt (kucing hutan), karena berasal dari hutan-hutan di daerah Nowegia dan Skandinavia. Kucing ini mahir menangkap ikan di danau dan sungai, karena kucing Norwegian Forest juga menyukai air.


  • Kucing British Shorthair merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah dikenal manusia. Kucing Ras ini lebih disukai karena sifatnya yang tenang dan setia.Saat ini semua asosiasi/federasi internasional mengakui kucing ras ini. Secara umum ukuran badannya medium sampai besar dengan berat berkisar 4 - 8 kg. Badannya kompak, padat, cobby, kuat dan berotot dengan dada, bahu serta pinggul yang lebar. Kepalanya bulat dan lebar dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung pendek, lebar dan lurus tanpa lekukan, bentuk dagunya bulat. Ukuran telinga sedang dan lebar pada bagian bawah dengan ujung melengkung. Jarak antara kedua telinga sedang. Mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan warna bulu yaitu copper, gold, blue, green atau odd eyes.
Salam...
 

No comments: