Friday, December 23, 2011

IZZY STRADLIN SOUL OF GUNS N' ROSES


Izzy Stradlin, yang nama aslinya Jeffrey Dean Isbell lahir 8 April 1962, adalah musisi Amerika, penulis lagu dan menjadi penulis lagu utama di band Guns n' Roses. Ia paling dikenal sebagai mantan Gitaris dan pendiri group hard rock Guns n’ Roses. yang ia tinggalkan di puncak ketenaran pada tahun 1991.

Awal tahun 1986 Gn’R tinggal di sebuah kamar sewaan di belakang toko gitar Sunset Strip Los Angeles. Ukuranya hanya 16 kaki dengan 10 kaki. Di sini mereka menulis lagu, berlatih, menggencet kecoa dan membuangnya. Irama gitaris band Izzy Stradlin mengingatkanya sebagai “FUCKING LIVING HELL”. Mereka menjual obat-obatan dan mencuri kayu untuk membangun sebuah apartemen kecil yang ditiduri oleh tiga orang. Bagaimanapun juga mereka hanya memiliki kurang dari $4 per hari, makan saus dan biskuit pada Denny local dan dan peminum anggur yang kuat. Pilihanya kereta api malam adalah salah satu petualangan favorit tertentu, mereka kadang-kadang akan merampok tas seorang gadis saat dia  tidur di tempat dengan salah satu orang. “kenang gitaris Slash”   


Izzy adalah seorang pecandu dan salah satu anggota band ini yang menjadi pedagang heroin yang pernah diberikan Joe Perry Aerosmith. Izzy pernah tertangkap karena membuat onar didalam pesawat karena Izzy kencing di dapur pesawat. Setelah kejadian itu Izzy menjadi sasaran tes urin acak untuk uji coba. Izzy adalah anggota paling pendiam dalam band “paling Berbahaya Didunia”. Pada tahun 1991 menjadi puncak karir bagi Izzy. Keegoisan Axl, sering terlambat datang ke konser, kerusuhan di St. Louis dan rencana Axl untuk mengambil alih penuh hak nama Guns n’ Roses membuat Izzy harus keluar. Konser di Wembley Stadium London, Inggris pada 31 Agustus 1991 merupakan konser terakhirnya. Secara resmi Izzy keluar dari band 7 November 1991, tapi opininya berkata Axl yang secara tidak langsung telah mendepaknya.
Axl : “Saya merasa amat kecewa, dan saya MENYINGKIRKANYA. Saya sebenarnya tidak begitu suka melakukanya”, ia berkata tentang teman lamanya. Ada beberapa tanggung jawab bagi setiap personil Gn’R yang Izzy tidak ingin hadapi. Pada hal-hal tertentu, dia tidak ingin bekerja sekeras yang telah kami lakukan. Dia baru muncul setelah kami akan naik panggung, dan dia sering kecewa bila saya datang tak tepat pada waktunya, bermain dan berpisah. Kadang, baru lima menit kami keluar panggung, dia pergi. Dia tidak melakukan sosialisasi dengan band ini dalam level apapun. Dia memiliki masalah nyata untuk membersihkan diri dari NARKOBA dan berada disekitar kami. Dia tidak mampu melakukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam Gn’R. “Ujar Axl.


Setelah Izzy Stradlin keluar, Axl benar-benar mewujudkan harapanya agar Gn’R dijadikan sebuah institusi. Selain band, Gn’R kini menjadi kelompok yang tidak dapat disentuh oleh gugatan hukum. Tidak ada anggota yang tidak dapat digantikan, kecuali Axl yang memutuskan bahwa dirinya satu-satunya yang mampu menjalankan band tersebut secara layak.
Axl : “ Saya senang kami telah mendapatkan beberapa lagu darinya dan saya senang bahwa dia pergi”, dan Izzy mengumpulkan beberapa anggota-anggota band yang lain untuk yang lain dan menjadikan mereka menentang saya dan mengatakan bahwa saya yang telah mendesak dia keluar. Dia mengatakan omong kosong di belakang saya. Dia mencoba membuat suatu permainan kekuasaan dan merusak kami ketika dia keluar. Benar-benar brengsek.
Pada Tahun 1993, ketika Use Your Illusions Tour memasuki Eropa, Gilby Clarke (Rhytem Gitaris pengganti Izzy) mengalami cedera karena kecelakaan motor. Pihak Gn’R kebingungan mencari pengganti, dan detemukan solusi paling cepat yaitu memanggil kembali Izzy Stradlin untuk mengisi kekosongan. Pilihan cepat ini dibutuhkan karena hanya Izzy yang dianggap mampu memainkan lagu-lagu Gn’R. Telepas dari perseteruan dengan Axl sebelumnya, izzy kemudian benar-benar hadir dalam konser di Eropa.


Setalah Izzy keluar, sungguh ironis apa yang terjadi pada band tersebut kembali ke akarnya dan melucuti semuanya. Mereka melupakan orchestra dan banyak penyanyi latar, dan sebaliknya berkonsentrasi kepada gitar, bass, drum dan suara Axl yang mudah menyesuaikan diri. Amat memalukan bahwa ‘The Spaghetti Incident?” menjadi album yang boleh dibilang diabaikan oleh fans di antara semua album Gn’R. Sepertinya didalam band ini sudah kehilangan seorang yang menjadi SOUL bagi band ini (Izzy Stradlin).


Saat itu publik lebih banyak memperhatikan album Nirvana, ‘Nevermind’ yang dirilis oleh Geffen juga. Hanya sesaat hasrat tentang musik hard rock yang menonjolkan saat-saat menyenangkan surut ketika genre ‘grunge’ yang terkesan takut mencapai kesuksesan dalam tema-tema yang lebih berkaitan dengan realistis dan kesedihan.


Hubungan Izzy dan Axl kembali membaik ketika Izzy tampil bersama Axl dengan Gn’R format baru. 17 Mei 2006, Izzy tampil bersama Gn’R menyanyikan lagu Nightrain, Think About You dan Patience. Sejak saat itu, Izzy sering tampil menjadi bintang tamu Gn’R dalam konser Chinese Democracy. Dalam Aalbum Chinese Democracy, Axl juga mengucapkan terima kasih kepad Izzy Stradlin, dan Izzy merupakan satu-satunya anggota Original Gn’R yang disebut namanya dalam “Chinese Democracy”.
14 Years, lagu dalam album Use Your Illusions II mengingatkan kembali persahabatan Izzy dan Axl.
14 Years memang tidak secara kebetulan muncul, lagu ini mulanya diciptakan Izzy untuk 14 tahun persahabatanya dngan Axl, Axl kemudian turut serta dalam penciptaanya, sang Font Man yang bergaung dalam refrain dan jelas bahwa liriknya terutama diciptakan oleh Axl.
Mari kita lihat sedikit saja penggalan lirik lagu “14 Years” yang terdapat pada album “Use Your Illusions II (1991)”
“But it’s been, 14 Years of silence
Its been 14 of pain
Its been 14 Years thar are gone forever
And I’ll never have again”.

TRANSLATE

“14 tahun kesunyian
14 tahun rasa sakit
14 tahun yang hilang selamanya
Dan tidak akan pernah kualami lagi”.

Sumber :
The Band That Time Forgot ; the complete unauthorized Biography of Guns N’ Roses
; Band yang Dilupakan Waktu ; Biografi Lengkap Guns N’ Roses.
Penulis : Paul Stenning
Penerbit Asli : A Chrome Dreams Publication, UK, 2004
Penerbit Versi Terjemahan Indonesia : Penerbit Jalasutra (Ayyana), Yogyakarta, 2009

Dan sedikit tambahan dari beberapa kunjungan web



No comments: