Friday, December 23, 2011

DUFF MCKAGAN


Duff McKagan, atau Michael Andrew McKagan, lahir 5 Februari 1964,  adlah bassist band hard rock tahun 80-90an Guns N’ Roses dan sempat juga bergabung dengan band yang didirikan Slash yang bernama Slash’s Snakepit.

Duff adlah musisi Amerika dan penulis. Dia adlah yang terbaik selama 12 tahun masa jabatnaya sebagai bassis dan band hard rock Guns N’ Roses. Setelah kepergianya dari GN’R pada tahun 1997, Duff kembali dengan pra sukses Seattle banf punk-nya. Ia kemudian membrntuk band yang masih aktif Loaded, di mana Duff yang menjadi Vokal dan ritme gitar. Antara 2002 dan 2008, ia bermain bass dalam superdroup Velevet Revolver dengan mantan GN’[R lainya Slash dan Matt Sorum.

Pada tahun 1994. Duff pindah ke Los Angeles, California, dimana ia menemkan pekerjaan sebagai server pembuka di Black Angus restoran di northridge. Duff menjawab iklan untuk bassis di sebuah koran lokal, ia bertemu dengan gitaris Slash dan drummer Steven Adler. Dan membentuk band Road Crew.

Pada juni 1985, Ole Beich bassis di ganti oleh Duff untuk band Guns N’ Roses, yang baru didirikan oleh Axl dan Izzy dari Hollywood Rose. Duff mengajak mantan rekan satu bandnya, yang tergabung dalam band Road Crew Salash dan Adler untuk bergabung.

Duff adalah salah satu orang terakhir yang dikonfirmasikan telah berbicara dengan vokalis Nirvana, Kurt Cobain sebelum ia bunuh diri pada tanggal 5 April 1994. Duff duduk disamping Cobain pada penerbangan dari Los Angeles ke seattle pada 1 April. Duff kemudian bercerita “Saya tidak memiliki pandangan jauh ke depan bahwa orang itu akan melakukan apa yang dia ingin lakukan, aku tahu dia sedih, dan aku sudah seperti itu sebelumnya... saya pikir saya akan minta dia datang dan tinggal di rumah saya, saya berbalik dan dia pergi”.

Pada tanggal 10 mei 1994, pada usia 30, Duff sakit parah karena diinduksi alkohol akut prankreatitis, yang menyebabkan pankreas membengkak dengan ukuran bola enzim pencernaan bocor ke dalam tubuhnya, menyebabkan luka bakar. Dia dibawa kerumah sakit 
Nrotwest Medical Center di Seattle. Di mana dia dimonitor sampai pembengkakanya turun. Dia diberi tahu oleh dokter bahwa ia akan mati dalam waktu satu bulan jika dia tidak berhenti minum.

Duff saat ini bergabung dengan Velvet Revolver dimana ia kebali bereoni dengan Slash dan Matt Sorum.

No comments: