Friday, December 23, 2011

AXL ROSE


Axl Rose, William Bruce Bailey lahir di Lafayette, Indiana, 6 Februari 1962, adalah "lead vocals" Guns N'Roses band asal Los Angeles, California Amerika Serikat. Musisi yang lebih dikenal dengan nama Axl Rose selama ini dikenal sebagai pemimpin sekaligus pendiri Guns N' Roses (bersama Tracii Guns dan Izzy Stradlin pada tahun 1985). Sosok Axl di tubuh GNR begitu dominan, dia yang mengatur semua alur cerita setiap GNR "memulai pertualangannya".

Axl Rose mempunyai sifat otoriter, egois, dan dengan emosi yang meledak-ledak. Tak jarang teman-teman sebandnya terkena semprot "kebengisan" Axl. Oleh sebab itulah Guns N' Roses bubar, karena teman sebandnya sudah tidak tahan lagi atas perilakuan Axl yang mau menang sendiri. Ada yang mengundurkan diri, ada yang dipecat, dan ada juga yang keluar dikarenakan beda pendapat dengan Axl mengenai ke mana selanjutnya arah music GNR.

Di Guns N' Roses, Axl merupakan pencipta dan penulis lagu. Axl diberkahi kemampuan bisa mengubah suaranya hingga tiga kali saat bernyanyi dan juga bisa bernyanyi sambil berlari ke sana kemari, sebuah ciri khas Axl dengan GNR-nya yang tak bisa digantikan vokalis manapun seandainya dia keluar dari band. Tapi, bukan berarti dia saja yang terpenting di tubuh Guns N' Roses. Satu lagi sosok yang terpenting di GNR adalah sang gitaris GNR, Slash.

Ketika Rose dua tahun, ayahnya meninggalkan keluargIa memiliki dua adik-adik yang lebih muda, Amy, dan setengah-saudara, Stuart. Sampai usia 17 tahun, Rose percaya bahwa Bailey adalah ayah yang sebenarnya. Dia tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya sebagai orang dewasa, William Rose, ditemukan terbunuh di Illinois pada tahun 1984.

Pada usia 17, ketika sedang memeriksa surat-surat di rumah orangtuanya, Rose belajar dari keberadaan ayah kandungnya, dan ia tidak resmi mengadopsi nama lahirnya. Namun, ia menyebut dirinya hanya sebagai W. Rose, karena dia tidak ingin berbagi nama dengan ayah kandungnya. Dia menjadi begitu asyik dengan salah satu band-nya, Axl, bahwa teman-temannya menyarankan ia menyebut dirinya Axl Rose. (Beberapa tahun kemudian, sebelum ia menandatangani kontrak dengan Geffen Records Maret 1986, ia secara hukum mengganti namanya menjadi W. Axl Rose) Setelah penemuan asal-usul keluarganya yang sejati, Rose menjadi tunggakan remaja lokal di Lafayette, ia ditangkap lebih dari 20 kali atas tuduhan seperti keracunan publik dan baterai, dan mendekap selama tiga bulan di penjara. Seorang psikiater, yang mencatat IQ tinggi Rose, menyimpulkan bahwa perilakunya itu bukti psikosis. Setelah Lafayette berwenang mengancam akan mendakwanya sebagai penjahat kebiasaan, Rose pindah ke Los Angeles, California pada Desember 1982.

Tak lama berselang setelah kedatangannya di Los Angeles, Rose bergabung dengan band Rapidfire , Setelah pembubaran band itu, ia kemudian bergabung pertama line-up dari LA Guns, sebelum membentuk band di Hollywood Rose dengan teman masa kecilnya Izzy Stradlin.

Pada bulan Maret 1985, Rose, Tracii Guns dan Izzy Stradlin membentuk Guns N 'Roses dengan menggabungkan masing-masing band di Hollywood Rose dan Guns LA. Pada bulan Juni, setelah beberapa perubahan line-up, band ini terdiri dari Rose, gitaris Slash, bassist Duff McKagan , dan drummer Steven Adler . Line-up debut di The Troubadour di Hollywood dan mulai memainkan rangkaian LA klub, akhirnya memiliki penggemar setia. Band ini menarik perhatian beberapa label rekaman besar, sebelum penandatanganan dengan Geffen Records Maret 1986.



No comments: