Tuesday, January 3, 2012

DAVE GROHL



Dave Grohl, nama lengkap David Eric Grohl, lahir 14 Januari 1969 di Warren, Ohio, Amerika Serikat, adalah musisi rock yang pertama melejit sebagai drummer kelompok Nirvana. Setelah Nirvana bubar karena vokalis Kurt Cobain meninggal, ia membentuk Foo Fighters di mana ia memainkan gitar dan menjadi vokalis utama. Selain itu Dave Grohl juga memiliki proyek sampingan Probot, Late!, dan Them Crooked Vultures.

Grohl adalah musisi multi-instrumentalis , gitaris , dan penulis lagu utama untuk Foo Fighters di sini dia menjadi vokal, Grohl juga mantan drummer Nirvana, Scream , dan Them Crooked Vultures. Dia telah melakukan sesi kerja sama untuk berbagai musisi seperti Killing Joke, Nine Inch Nails , Prodigy , Slash , Juliette Lewis , Tenacious D dan Lemmy Kilmister.


Grohl mulai belajar bermain gitar pada usia dua belas tahun, tidak lama dia mulai bosan belajar bermain gitar, dan mulai bermain di band-band dengan teman. Setahun kemudian, Grohl dan adiknya menghabiskan musim panas di Evanston, Illinois , di rumah sepupu mereka Tracy. Tracy memperkenalkan mereka music punk rock. Konser pertamanya adalah pada tahun 1982 untuk Naked Raygun di The Bear Cubby di Chicago ketika ia berusia 13 tahun. "Sejak saat itu kami benar-benar punk," jelas Grohl. "Kami pulang ke rumah dan membeli Maximumrocknroll dan berusaha memecahkannya”.

Banyak dari pengaruh awal music Grohl diperoleh di klub 9:30 , tempat musik live di Washington DC: "Aku pergi ke klub 9:30 ratusan kali saya selalu begitu bersemangat untuk sampai ke sana, dan aku selalu kacau saat kesana. Saya menghabiskan masa remaja saya di klub dan melihat beberapa acara yang mengubah hidup saya ".

Pada usia tujuh belas tahun, Grohl mengikuti audisi dengan lokal DC favorit Scream untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kepergian pemain drum Kent Stax . Untuk dapat bergabung untuk ikut audisi, Grohl telah berbohong tentang usianya, mengklaim bahwa ia berusia 20 tahun. Yang mengejutkan Grohl, band ini memintanya untuk bergabung. Setelah waffling untuk jangka waktu singkat, Grohl menerima tawaran tersebut. Grohl putus sekolah tinggi di tahun pertama, ia berkata, "Aku berumur tujuh belas tahun dan sangat ingin melihat dunia, jadi saya melakukannya." Selama empat tahun ke depan, Grohl melakukan tour dengan band, merekam beberapa album live (4 Mei 1990 di Alzey, Jerman yang dirilis oleh Tobby Holzinger sebagai Seri Pilihan Hidup Anda Vol.10 ) dan dua album studio.

Beberapa bulan kemudian, tiba-tiba Scream dibubarkan menyusul kepergian pemain bass nya. Grohl diberi nasehat oleh Osborne, dan memberikan nomor telepon Krist Novoselic , yang mengundang Grohl ke Seattle. Grohl kemudian mengikuti audisi untuk band, dan segera bergabung dengan Nirvana.

Grohl menghabiskan bulan-bulan awal dengan Nirvana bepergian ke berbagai major label sebagai band menemukan kesepakatan kontrak, akhirnya Nirvana menandatanganan kontrak dengan Rekor DGC . Pada musim semi tahun 1991, band ini masuk studio untuk merekam album.

Setelah rilis, Nevermind melebihi semua harapan dan menjadi sukses besar,band menjadi bintang di seluruh dunia. Pada saat yang sama. Sementara gaya drum merupakan unsur penting dalam kesuksesan band. Grohl telah menulis lagu untuk beberapa tahun, ia menolak untuk memperkenalkan lagu-lagunya untuk band ini karena takut merusak kimia band.

Sebelum sampai 1994 tur Eropa mereka, band ini memutuskan untuk menjadwalkan waktu sesi di Robert Lang Studio di Seattle untuk bekerja pada demo. Untuk sebagian besar sesi tiga hari, Cobain tidak hadir, jadi Novoselic dan Grohl bekerja pada demo lagu mereka sendiri. Duo ini menyelesaikan beberapa lagu Grohl, termasuk lagu Foo Fighters " Exhausted", "Big Me","February Stars", dan"Butterflie". Pada hari ketiga sesi, Cobain akhirnya tiba, dan band ini merekam demo lagu yang kemudian diberi judul "You Know You're Right". Itu adalah rekaman studio terakhir Nirvana.

Setelah kematian Cobain pada bulan April 1994, Grohl mundur, tak tahu ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan dengan dirinya sendiri. Pada bulan Oktober 1994, Grohl dijadwalkan masuk studio lagi, di Studio Robert Lang, dan dengan cepat merekam demo lima belas lagu. Dengan pengecualian bagian gitar tunggal pada "X-Static" yang dimainkan oleh Greg Dulli dari Whig Afghanistan , Grohl melakukansemua instrumen sendiri.

Pada akhirnya Grohl mendirikan band Foo Fighters pada tahun 1994 dan uniknya Grohl disni sebagai vocalis dan lead guitar, dan sampai saat ini band ini masih berjalan dengan beranggotakan Nate Mendel sebagai bassist, Taylor Hawkins sebagai drummers, Chris Shiflett sebagai lead guitar, Pat Smear sebagai guitar.


No comments: