Tuesday, January 3, 2012

KRIST NOVOSELIC


Krist Novoselic (lahir nama lengkap Krist Anthony Novoselic II   16 Mei 1965; umur 46 tahun), adalah musisi rock yang pertama melejit sebagai pemain instrumen musik bass kelompok Nirvana. Setelah Nirvana bubar karena vokalis Kurt Cobain meninggal, ia bergabung dengan kelompok band Sweet 75, Eyes Adrift, dan terakhir dengan Flipper, dimana ia juga memainkan instrumen musik bass. Selain dalam bidang musik Krist Novoselic juga terjun dalam bidang politik, ia aktif dalam JAMPAC(Joint Artists and Musicians Political Action Committee), ia juga menerbitkan buku yang berjudul Of Grunge and Government: Let's Fix This Broken Democracy pada tahun 2004, buku ini sebagian berisi diskusi tentang kelompok band Nirvana yang dikenal dunia sejak pada awal tahun 90an, dimana ia pernah bergabung, dan alasan ia terjun dalam dunia politik.[1] Sejak bulan November tahun 2007, Krist Novoselic telah menulis kolom dalam bidang musik dan politik pada situs Seattle Weekly.


Novoselic lahir adalah Kroasia imigran Kristo dan Marija Novoselic di Compton, California . Dia tinggal di sana selama satu tahun, sebelum orang tuanya pindah ke  Los Angeles ,California, di mana dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya disini. Keluarga Novoselic pindah ke Aberdeen, Washington pada tahun 1979, karena meningkatnya harga properti di California. Kemudian pada tahun 1980, orang tuanya mengirimnya untuk tinggal bersama kerabatnya di Zadar , Kroasia. . Novoselic sudah tertarik pada band-band seperti Led Zeppelin , Devo , Black Sabbath , Van Halen , dan Aerosmith . Dia juga menikmati band-band rock seperti Zabranjeno Pusenje , Prljavo Kazaliste dan Azra . Sementara di Yugoslavia , ia mengambil minat dalam punk rock , dan menemukan band-band seperti Sex Pistols dan Ramones.


Beberapa waktu kemudian, Robert saudara dari Novoselic memperkenalkannya kepada temannya, Kurt Cobain. Cobain akhirnya berteman dengan Novoselic, mereka mempunyai selera musik yang sama, termasuk kesukaan untuk band lokal The Melvins. Dari perkenalan itu mereka mendirikan band Nirvana, sampai saat mereka menemukan drummer urakan gila Dave Grohl, dan mencapai puncak keteran bersama Nirvana.


Nirvana tiba-tiba berakhir pada bulan April 1994 setelah kematian Cobain. Untuk sebagian besar dari sisa tahun itu, Novoselic mundur dari sorotan. Novoselic dan Cobain telah hampir tak terpisahkan selama hampir satu dekade, dan kehilangan teman dekatnya itu sulit baginya. Tahun berikutnya, Novoselic terus mencoba-coba dalam upayanya kembali bermusik. Ia ditawari posisi bermain bass dalam sebuah band baru, Foo Fighters , dengan teman dan mantan bandmate Dave Grohl namun keduanya memutuskan untuk tidak melakukannya karena mereka percaya orang akan berpikir dari Foo Fighters sebagai inkarnasi baru dari Nirvana.


Sumber: http://en.wikipedia.org



No comments: