Tuesday, January 3, 2012

KURT COBAIN


Kurt Donald Cobain lahir 20 Februari 1967, adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle Amerika, Nirvana. Kurt Cobain dan Krist Novaselic menjadi pelopor pembentukan grup band Nirvana di Aberdeen, Washington pada tahun 1985.

Keluarga Cobain memiliki latar belakang musik. Bibinya Mari Earle bermain gitar dan tampil di seluruh band di Grays Harbor , dan pamannya Delbert memiliki karir sebagai penyanyi tenor Irlandia, dan tampil dalam film 1930 Raja Jazz. Menurut Bibi Mari, ia mulai menyanyi pada usia dua tahun.


Pada usia empat, Cobain mulai bermain piano dan menyanyi, menulis lagu tentang perjalanan mereka ke sebuah taman lokal. Dia mendengarkan seniman seperti Ramones dan menyanyikan lagu-lagu seperti Arlo Guthrie 's "Song motor," The Beatles " Hey Jude ", Terry Jacks “ Seasons in the Sun " dan tema lagu untuk The Monkees dalam acara televisi di usia muda.

Debut album nya Bleach dirilis pada label rekaman independen Sub Pop tahun 1989. Setelah penandatanganan dengan major label DGC Record , band ini sukses dengan " Smells Like Teen Spirit "dari album kedua Nevermind (1991).

Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock.

Cobain menikah dengan Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Waikiki, Hawaii. Pada 18 Agustus, 1992, Frances Bean Cobain dilahirkan. Pada 1 Maret 1994, setelah konser di Munchen, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronchitis dan laryngitis yang parah. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya bergabung pada 3 Maret.

Pagi hari berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdose dengan paduan dari champagne dan Rohypnol. Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah drugs ini, Cobain dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang.

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

Kurt Cobain tetap diingat dan memberikan inspirasi kepada para fans setianya, pada 13 Mei 2010 - 6 September 2010, Seattle Art Museum menggelar pameran bertemakan "Kurt" untuk memberikan penghormatan.

No comments: