Tuesday, January 17, 2012

ROBBIE KRIEGER


Robbie Krieger “Gitar” dengan nama asli Robert Alan Krieger, Lahir pada Januari 1946, di Los angeles. Sebagi pemusik, ia mampu membuat lagu dan menulis lirik seperti milik Morrison. Contohnya ‘Light My Fire’, ia menjadi salah satu personil The Doors.

Musik pertama yang saya dengar dan saya sukai adalah Peter and The wolf. Kemudian saya suka mendengarkan rock ‘n roll di radio seperti Fats Domino, Elvis, The Platters dan lain-lain. Di rumah, banyak terdapat rekaman musik klasik. Ayah sangat menyukai musik mars. Kami juga mempunyai piano dan saya belajar meniup terompet pada umur 10 tahun, tetapi tidak berkembang.


Setelah itu tanpa kursus saya memainkan blues pada piano. Saat umur 17 tahun, dengan menggunakan gitar teman, saya mulai mempelajari gitar. Lebih dari setahun kemudian, saya baru memiliki gitar Flamenco. Barulah saya mengambil kursus Flamenco. Dari situ kemudian saya mengubah musik saya menjadi blues dan rock ‘n  roll.

Saya terpengaruh musik rock ‘n roll gaya baru seperti yang dibawakan Paul utterfield Blues band. Jika mereka tidak memainkan elektrik, mungkin saya tidak memainkan rock ‘n roll. Saya memang tidak merenacanakan memainkan musik itu, saya ingin memainkan jazz. Saya tau ada orang lain yang menggabingkan jazz dan rock ‘n roll. Dan saya pikir saya dapat menghasilkan uang dengan memainkan musik ini. Semuanya itu tidak memiliki batasan, yang ada adalah irama.

Dalam The Doors swlain musisi, semua dari kami adalah penyair. Masing-masing dari kami mendalami keduanya. Jadi kami menghasilkan sesuatu yang sintesis. Kalau kita lihat Tim Buckley dan Bob Dylan, hanya ada satu ide dari satu orang. Kebanyakan kelompok musik sekarang bukanlah sebuah kelompok. Dalam kelompok seharusnya semua anggotanya mengkreasikan aransemen di antara mereka”.


No comments: