Tuesday, January 17, 2012

RAY MANZAREK


Ray Manzarek “Keyboard, Piano” dalam band The Doors. Nama lengkapnya Raymond Daniel Manzarek, lahir 12 Februari 1939 di Chicago, Illinois, Amerika. Ia merupakan tonggak awal berdirinya The Doors bersama Morrison.

“Saya besar di Chicago dan meninggalkan kota kelahiran pada umur 21 tahun menuju Los Angeles. Orang tua saya mengajarkan piano ketika saya berumur 9 tahun. Saya membencinya selama 4 tahun, lantaran saya belum mahir memainkanya. Lambat laun saya menemukan kenyataan bahwa memainkan musik itu menyenangkan. Bersamaan dengan itu saya mendengarkan musik lewat radio.

Saya makin terpukau dan sering mendengarkan musik tersebut. Teruma yang diputarkan oleh Al Benson maupun Big Bill Hill, penyiar radio di Chicago. Sejak saat itu saya sangat tertarik dengan segala jenis musik jazz. Saya belajar bagaimana langkah memainkan piano dengan tangan kiri dan kemudian menyadari, inilah irama tersebut, blues dan rock”.

Saya kerap berpikir bahwa The Doors adalah duta dari bahasa Amerika. Negara besar itu menjadi tempat bercampur berbagai macam ras. Pengaruh kita juga terdiri dari berbagi macam sumber yang menyatu, campuran dari berbagi gaya berbeda menjadi gaya kita sendiri. Kita memang menyukai negeri ini. Amerika terlihat seperti /gado-gadu’ bagi orang luar. Begitu pula The Doors. Kita berasal adri area berbeda. Berbeda jenis musik. Kita bersatu bersama dengan penuh keringat, penuh perjuangan. Apa yang orang katakan tentang Amerika dapat juga dikatakan pada kelompok ini.

Kita semua memiliki kebebasan untuk menjelajahi berbagi hal mengimprovisasikannya dalam suatu framework. Jim sendiri merupakan pengimprovisasi. Terutama lewat kata-kata miliknya”.



No comments: