Sunday, January 22, 2012

TIPS MENJAGA KESTABILAN DALAM BERTEMAN


Hemmm, bagimana ya harus mengungkapnya..

Orang zaman dulu bilang cara berteman yang baik adalah “HANGAT-HANGAT TAI AYAM”, apa itu maksudnya? Menurut orang yang lebih lama hidup ketimbang gua, jangan terlalu dekat juga jangan terlalu menjauhi, selalu jaga jarak, selalu mengantisipasi.

Ada yang bilang juga seperti ini, kalau lu berteman terlalu dekat atau pemuda-pemudi zaman sekarang bilang “sobatan/sohibpan”, kalau suatu saat  terjadi sedikit saja kekecewaan atau kesalahan yang disengaja atau tidak antara sohib itu sendiri, itu akan lebih menyakitkan ketimbang dengan teman yang biasa saja terhadap kita, yang lebih parah akan menjadi iri atau sirik bahkan permusuhan diantara sohib itu sendiri, dan itu akan menjadi sesuatu yang sulit menemukan obat penyembuhnya antara mereka berdua.
Ada juga yang bilang cara berteman “AMBIL DARI SIFAT IKAN HIU”. hemmm.. pelajari dari sifat ikan hiu maksudnya? Nah yang ini bukan dari orang zama dulu, ini pemuda-pemudi zaman sakarang, Seperti ini kira-kira maksud dari mereka, Ikan hiu apabila ingin memangsa dan mangsa itu tak pernah dikenalnya sebelumnya ia akan memutarinya dan menjaga jarak lalu mencoba mendekatinya dan kembali menjauh jika mangsanya itu di rasa bukan seperti yang biasanya dia mangsa.
Pada prinsipnya sama dengan apa yang orang zaman dulu pahami tentang hangat-hangat tai ayam, jangan terlalu dekat dan juga terlihat kesan menjauhi, selalu jaga jarak untuk kestabilan hubungan dan selalu mengantisipasi.. Karena sifat ikan hiu adalah selalu waspada bahkan dengan jenisnya sendiri.
Jadi seperti ini kira-kira.. Bantu temanmu “siapa saja” (bukan hanya teman dekat) dengan tulus, selagi memang kau bisa dan mampu pada saat itu, dan bilang maaf gua ndak bisa apabila kau memang merasa tidak bisa atau tidak sanggup. Jangan pernah bilang iya apabila nantinya itu akan membuatmu pada posisi yang sulit atau dilema didalam batin sendiri, karena nantinya itu akan mempersulit dirimu sendiri.
Kalau temanmu tidak suka bahkan marah atas penolakan itu, bilang saja kenapa lu jadi marah-marah, terus memang lu siapa gua, memang lu bakal bantu gua kalau gua punya masalah, belum tentu lu mau bantu gua nantinya, menghindar "iya" lu..!
Jangan seperti itu, terlalu VULGAR sepertinya itu. Tolak secara halus saja dengan cara baik-baik, contohnya “maaf gua ndak bisa, gua juga lagi banyak masalah ini, bla,bla,bla.. ya sebisanya lu ngomonglah”.. Kita bantu teman ngilangin masalah terus masalah temen kita sudah kelar, tapi setelah itu kita yang jadi punya masalah, ogah dah yang begitu. Hehe..
Nah ada satu kata-kata bijak dari temen gua yang pernah dia dengungkan, ini lu harus pahami benar-benar. Seperti ini kira-kira bunyinya “STANDAR PERTEMANAN INDONESIA, SUSAHNYA BARENG-BARENG, SENENGNYA SENDIRI-SENDIRI, SAMPAH..!!” hehe, kalau menurut gua benar juga sih, kena banget itu kata-kata bagi sebagian insan yang ada di INDONESIA bahkan JAGAD RAYA ini. Hehe.. Tapi ndak tau dah menurut kalian.

Ini sekedar  tips saja ya, kalau memang masuk ya diambil, kalau ndak masuk ya dibuang. hehe..

Sumber: SOUL




No comments: