Friday, December 30, 2011

KERANGKA TIMNAS U-17 HAMPIR TERBENTUK


Kerangka tim nasional Indonesia U-17 yang akan diterjunkan dalam International Youth Football Invitation Tournament di Hong Kong, 27-29 Januari 2012, hampir terbentuk. Padahal, tahap seleksi pemain baru akan digelar di lapangan C, Senayan, Jakarta, pada 4 Januari mendatang.

Itu karena, rata-rata pemain yang akan mengikuti seleksi adalah mantan skuad Timnas U-16, notabene ditukangi Indra Syafri yang kini dipercayakan menangani Timnas U-17. Timnas U-16 tersebut, merupakan skuad yang berlaga di kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand, September lalu.

"Seleksi tetap akan kita laksanakan dengan ketat. Pemain yang kini ada, hanya membantu tugas saya dalam membuat kerangka dasar tim saja," terang pelatih asal Padang, Sumatera Barat, tersebut kepada Bola.net.

Indra juga meyakini, hasil dari seleksi akan banyak memunculkan pemain muda berbakat dan berkualitas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Seleksi akan di gelar selama dua hari saja. Kami akan mencari pemain terbaik dari yang terbaik," tukas pelatih yang telah mengantongi lisensi kepelatihan Grade A AFC saat mengikuti kepelatihan di Malaysia pada 26-30 Oktober 2010, bersama Widodo Cahyono Putro, Asisten Pelatih Timnas U-23.

Selanjutnya, PSSI berencana memanggil 56 pemain untuk menjalani seleksi pembentukan tim nasional Indonesia U-17, dari Timnas U-16, pemain Liga U-16 Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI), serta dua pemain dari Medan, Papua, dan Satu pemain dari Jawa Timur serta Makassar. Nantinya, 56 pemain tersebut, akan dikerucutkan menjadi 18.

"Saya sangat berharap langkah ini menjadi titik awal persiapan program jangka panjang Timnas U-17. Sebab, nantinya masih ada kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia U-17. Semoga saja, dengan adanya program yang terarah, mampu membawa Timnas kita masuk putaran final dalam dua ajang tersebut," pungkas jebolan SMAN 2 Padang angkatan 1982 tersebut.



No comments: