Wednesday, December 21, 2011

JUVENTUS FC PROFILE



                Juventus didirikan pada tahun 1897 dengan nama awal Sport Club Juventus oleh sekelompok mahasiswa muda Torino, diantara mereka, presiden yang pertama, Eugenio Canfari, dan saudaranya Enrico. Club ini dikelola oleh industi yang dimiliki oleh Industrial Agnelli Familly sejak tahun 1923 yang merupak kemitraan olahraga tertua di Italia, sehingga menjadikan Juventus sebagai club profesional pertama di negara tersebut. Seiring waktu, klub ini sudah menjadi simbol dari budaya bangsa dan Italianita (italianity), karena keberhasilan mereka, beberapa memiliki dampak signifikan bagi masyarakat Italia, khususnya di tahun 1930-an dan yang pertama setelah dekade perang, dan ediologi politik sosial ekonomi asal simpatisan club. Hal ini tercermin, antara lain, di kontribusi club terhadap tim nasional, tidak terganggu sejak paruh kedua tahun 1920-an dan diakui sebagai salah satu yang paling berpengaruh dalam sepak bola internasional, setelah melakukan peran penting untuk kemenagan di Piala Dunia 1934, 1938 1982, dan 2006, basis sepak bola ini lebih besar dari pada club sepak  bola lainya di Italia dan salah satu yang terbesar di seluruh negeri dan luar negeri, terutama di negara yang tedapat banyak imigran asal Italia.

    
                 Juvetus telah memenangkan 51 gelar resmi pada tahap nasional maupun internasional, lebih dari pada club Italia lainya, catatan trophy yang diraih Juventus:

-      27 gelar liga
-      9 gelar Italia cup’s
-      4 gelar internasional cup’s
-      2 piala intercontinental
-      2 gelar piala UEFA Champions
-      1 gelar piala UEFA Winner
-      3 gelar piala UEFA
-      1 gelar piala Intertoto UEFA
-      2 gelar piala UEFA Super

Juventus saat ini menempati urutan ke-4 di Eropa dan ke-7 di Dunia dengan memenangkan tropy/piala yang paling banyak. Pada tahun 1985, dibawah kepelatihan Geovanni Trapattoni, yang memimpin tim Torinesse untuk 13 piala resmi dalam 10 tahun sampai tahun 1986, termasuk enam gelar piala liga dan lima gelar piala internasional. Juventus menjadi club pertama dalam sejarah sepakbola Eropa yang telah memenangkan 3 kompetisi utama yang di selenggarakan oleh Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa.



No comments: